Jambore Pemuda Indonesia (JPI)

Jambore Pemuda Indonesia (JPI)

0 314

Ternyata Indonesia ini kaya warna budaya yang tidak asing juga, kental terasa dalam pentas seni Jambore Pemuda Indonesia. 15 propinsi yang tampil dalam gelaran itu sejak awal sudah memukau penonton. Tarian Medley Nusantara arahan Aya JPI misalnya, mendapat tepukan tangan tiada henti. “Siapa kita? Kita Pemuda Indonesia,”teriak peserta dari Jawa Barat disambut yel-yel kontingen lainnya. Bahkan panggung pentas seni sempat dikerubungi penonton yang ingin melihat dari dekat. Rata-rata mereka penasaran dan ingin mengabadikannya. Kesemarakannya juga semakin terasa dengan kerlap-kerlip lampu yang dibawa para kontingen. Sambil meneriakkan yel-yel JPI, lampu-lampu itu digerakkan. Papua yang tampil dengan Tarian Pesta Berburu juga mendapat respon luar biasa. “Ini adalah nyanyian yang menggambarkan kegembiraan usai berburu. Biasanya dilakukan dalam upacara adat di Wilayah selatan papua,”katanya. Zulharman Jusman, Sekjen PPMI menjelaskan, JPI memang dirancang sebagai ajang pertukaran nilai budaya. Disinilah semangat keberagaman dalam ke-Bhineka Tunggal Ika-an diusung.”Disinilah ajang transformasi budaya antar propinsi,” katanya saat ditemui sebelum pentas seni dimulai.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas,  Kecamatan Bantur tidak mau ketinggalan ambil bagian Stand Pameran dengan mengeluarkan potensi yang ada yaitu produk Unggulan diantaranya : Taman Wisata Balai Kambang, Taman Wisata Kondang Merak, Ingkung Ayam Kampung, Ikan Kakap Merah, Ikan Kerapu, Gurita Goreng, Botok Tawon dan Mebeler, serta Produk Camilan (Prepared By Darto 86).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *