Pelantikan Kepala Desa Karangsari

Pelantikan Kepala Desa Karangsari

0 974

Pelantikan Kepala Desa Karangsari

Bantur (13/5)-Setelah sebelumnya dikhawatirkan muncul kerawanan, terbukti pelantikan Kepala Desa Karangsari Kec. Bantur terpilih berlangsung aman. Aparat keamanan berseragam dan tak berseragam dari unsur TNI, Polri dan Satpol PP tampak bersiaga di tempat pelantikan itu. Bupati Rendra Kresna yang melantik Kades Samsul pada Jumat (12/5) tidak mengalami satu kendalapun hingga acara yang digelar di Balai Desa Karangsari Kecamatan Bantur itu berakhir.

Bupati Rendra Kresna berpesan agar usai pelantikan ini masing-masing kubu baik yang menang maupun yang kalah dapat bersatu kembali. ”Setelah pelantikan ini tidak ada istilah pendukung maupun non pendukung. Semua harus bersatu membangun Desa Karangsari ini,” katanya. Bupati yang juga dikenal sebagai Bung Rendra ini menambahkan agar para tokoh masyarakat dan agama menjadi pelopor dalam menggalang partisipasi dan kerjasama antar warga. Di sisi lain ia menekankan agar kades bisa segera menyesuaikan diri dengan posisi barunya sebagai pelayan masyarakat. “Kades harus cepat belajar dan memahami tentang peraturan perundangan, utamanya Peraturan Daerah Kabupaten Malang, sehingga 3 bulan sejak hari ini bisa langsung tancap gas membangun Desa Karangsari,” pintanya serius kepada kades yang akan menjalankan tugasnya mulai 2011-2017 itu. Tidak menampik munculnya potensi kerawanan dalam Pilkades (Pemilihan Kepala Desa). Salah satunya sebabnya adalah peserta yang kurang memahami berbagai aturan tentang tata cara Pilkades. “Sebaiknya memang panitia jauh-jauh hari mempersiapkan Pilkades. Sedikitnya 6 bulan sebelum masa jabatan Kades lama berakhir. Sehingga terdapat waktu yang cukup untuk mensosialisasikan aturan Pilkades. Disamping itu dalam pelaksanaan tahapan awal Pilkades seperti penyusunan DPT juga tidak terburu-buru”, biaya Pilkades di tiap desa beragam tergantung pada kesepakatan panitia. Sumber dana itu berasal dari APBD. Sumber dana lain yang diperbolehkan adalah APBDes, swadaya masyarakat dan pihak ketiga yang tidak mengikat. “Di Desa Karangsari ini biaya penyelenggaran Pilkades adalah Rp. 189.5 juta dan di Desa lain tidak selalu sebesar itu dan sangat beragam besarannya,” jelasnya. Ketua Panitia Pilkades, H. Khoiri mengatakan, Pilkades yang digelar pada 6 April lalu itu diikuti oleh 6 kandidat. Samsul mengalahkan 5 kandidat lainnya dengan perolehan 1366 suara. Sedangkan jumlah hak pilih yang terdaftar mencapai 5.837 orang. Dari jumlah hak pilih tersebut yang menggunakan hak suaranya mencapai 5237 orang. Pilkades yang digelar pada Tahun 2011 ini memang tidak berlangsung serentak seperti tahun sebelumnya. Pasalnya, masa berakhirnya jabatan dari masing-masing Kades berbeda. (Prepared By Darto 86.)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *